13 Cara Cepat Mengatasi Android Yang Lemot - Andro011
https://andro011.blogspot.com/2019/05/kenapa-perlu-kesini.html

13 Cara Cepat Mengatasi Android Yang Lemot

 

Ingin mempercepat Android? Bosan menunggu di ponsel Anda untuk melakukan sesuatu? Sebelum Anda membayar untuk peningkatan yang mahal, pertama-tama Anda layak mencoba untuk menambah kinerja ekstra dari perangkat Anda saat ini.

Mari kita lihat beberapa cara terbaik untuk melakukan hal itu – termasuk tata graha umum, banyak aplikasi, dan beberapa trik dan peretasan keren.
Perbarui telepon Anda

Pertama dan terpenting, ada baiknya memastikan perangkat Anda benar-benar up to date. Sesekali versi Android yang lebih baru, kulit UI yang diperbarui, patch, atau perbaikan bug akan muncul. Semua itu dapat membantu mempercepat Android.



Untuk mengetahui apakah ponsel Anda membutuhkan pembaruan, buka Pengaturan> Tentang Perangkat> Pembaruan Perangkat Lunak .

Sebaiknya terus-menerus memeriksa pembaruan untuk aplikasi tertentu – terutama hal-hal seperti emulator. Terkadang pembaruan saja dapat membuat perbedaan dunia. Itu berlaku untuk Layanan Google Play juga, mengingat itu mengendalikan hampir semua yang ada di ponsel Anda.
Instal ROM khusus

Jika Google atau operator Anda tidak sedang hadir dengan pembaruan, menginstal ROM khusus dapat menjadi solusinya. Ini pada dasarnya memasang versi khusus Android.

Ini akan membiarkan Anda menginstal mod yang dibangun oleh komunitas untuk memberikan kinerja yang lebih baik atau lebih banyak fitur, atau membuat lompatan ke versi terbaru Android ketika perangkat Anda tidak lagi mendukung secara resmi.



Ada risiko yang melekat ketika melakukan hal ini. Anda harus melakukan root, yang memiliki peluang sangat nyata untuk membuat perangkat Anda menjadi bata. Beberapa aplikasi (seperti aplikasi perbankan) tidak akan berfungsi di luar kotak. Anda dapat membatalkan garansi Anda. Tetapi jika Anda yakin dengan keterampilan teknologi Anda atau Anda bermain-main dengan perangkat lama atau cadangan, metode ini dapat menyuntikkan kehidupan baru ke gadget lama dan benar-benar mempercepatnya.
Bersihkan layar home Anda

Sangat penting untuk membersihkan rumah Anda sesekali. Hal yang sama juga berlaku untuk perangkat Android Anda. Jika Anda memiliki layar beranda dengan wallpaper hidup yang tercakup dalam widget yang menampilkan umpan berita, cuaca, dan sosial, Anda mungkin melihat sedikit gejolak ketika bertransisi di antara layar. Jika Anda telah mengaktifkan sesuatu seperti umpan Bixby, pertimbangkan untuk menjatuhkannya.



Beralih ke peluncur yang lebih baik juga dapat membantu membuat barang lebih nipier. Saya pribadi mencoba untuk membatasi tata letak saya ke satu halaman dengan folder, daripada beberapa layar. Ini tidak mempercepat Android, karena mempercepat wetware (saya) sehingga saya bisa mendapatkan hal-hal yang jauh lebih cepat.
Kurangi animasi

Trik kecil ini cukup terkenal. Ini tidak akan benar-benar mempercepat ponsel Anda, tetapi mengurangi waktu yang diperlukan untuk transisi antara layar dan aplikasi membuat semuanya tampak lebih cepat.



Untuk membuat perubahan ini, Anda harus mengakses Opsi Pengembang di pengaturan perangkat Anda (juga dalam Pembaruan Perangkat Lunak). Temukan di mana ia mengatakan “Bangun Nomor” dan ketuk opsi itu tujuh kali. Sekarang menuju ke menu Opsi Pengembang dan temukan di mana ia mengatakan Skala animasi transisi. Jika Anda mengatur ini ke “off,” aplikasi hanya akan muncul, daripada membuat lagu dan menari tentang itu. Anda juga dapat mematikan skala animasi Window dan skala durasi Animator.
Paksa perenderan GPU

Jangan tinggalkan menu ini dulu! Trik lain yang bisa Anda mainkan di sini adalah render Force GPU. Ini akan menggunakan unit pemrosesan grafik ponsel Anda (GPU) daripada perenderan perangkat lunak untuk beberapa elemen 2D yang belum memanfaatkan opsi ini. Itu berarti rendering UI yang lebih cepat, animasi yang lebih halus, dan lebih banyak ruang untuk bernapas untuk CPU Anda.



Catatan: GPU membutuhkan lebih banyak daya daripada CPU, jadi ini juga dapat mengurangi masa pakai baterai sekitar 5-15 persen. Panggilanmu.
Beralih ke SKIA

Jika Anda menggunakan Android Nougat atau di atasnya, Anda dapat mencoba menukar mesin rendering GPU ke SKIA, yang dilaporkan beberapa pengguna mengurangi ketertinggalan dalam game. Menggunakan pengaturan ini benar-benar memperlambat kinerja Dolphin ketika saya mencobanya. Sekali lagi, ini ada di menu Opsi Pengembang bersama dengan beberapa pengaturan kami yang lain untuk mempercepat Android.

Saat Anda melakukannya, Anda juga dapat mencoba Force 4x MSAA. Ini adalah metode anti-aliasing yang tidak akan membuat game berjalan lebih cepat, tetapi itu bisa membuat mereka terlihat lebih cantik. Ini akan menguras baterai, dan dapat menyebabkan pelambatan, sehingga jarak tempuh Anda mungkin bervariasi. Tidak ada salahnya mencoba pengaturan ini. Lakukan beberapa perbandingan dan tetap dengan apa yang paling Anda sukai.
Jelajahi lebih cepat

Jika Anda ingin mempercepat pengalaman browsing Anda, coba aktifkan mode ” Penghemat Data ” di Chrome. Ini memadatkan halaman, memungkinkan untuk penggunaan data yang lebih rendah dan waktu buka yang lebih cepat. Trik ini akan sedikit merusak kualitas gambar, tetapi banyak yang akan menemukan kompromi yang dapat diterima. Tentu saja, halaman web pertama harus dikirim ke Google untuk kompresi sebelum dikirim ke perangkat Anda, sehingga kecepatan data Anda dapat memainkan faktor di sini.



Ada di menu pengaturan di Chrome. Tentu saja, Anda juga dapat mencoba browser lain yang mengklaim lebih cepat.
Menghapus data yang di-cache

Data cache adalah informasi yang disimpan aplikasi Anda untuk membantu mereka melakukan boot lebih cepat – dan dengan demikian mempercepat Android. Browser mungkin menyimpan gambar dari situs web yang sering Anda kunjungi sehingga tidak perlu mengunduh gambar setiap kali Anda memuat halaman.

Data cache sebenarnya harus membuat ponsel Anda lebih cepat. Tapi itu juga dapat berdampak negatif jika cache menjadi kembung (belum lagi jika tidak diperlukan ruang pada perangkat Anda). Untuk aplikasi dengan cache yang menonjol pada sambungan, Anda dapat menghapus data cache secara individual dengan menavigasi ke info Aplikasi> Penyimpanan> Hapus Cache.



Ada aplikasi di luar sana untuk menyederhanakan proses ini juga, seperti CCleaner .
Matikan Sinkronisasi Otomatis

Jika Anda memiliki telepon yang relatif modern, kemungkinan ia berperilaku cukup baik dalam sebagian besar kondisi. Satu kali Anda mungkin telah menyadari perlambatan adalah saat mengunduh dan menginstal aplikasi baru.

Hal serupa terjadi sepanjang waktu di belakang layar saat aplikasi Anda disinkronkan. Masuk ke menu Akun di pengaturan Anda dan Anda akan menemukan opsi “Secara otomatis menyinkronkan data” diatur ke pada. Anda mungkin tidak ingin mengubah ini, kecuali jika Anda memiliki perangkat lama murni untuk bermain game atau browsing. Dengan memilih masing-masing aplikasi dari daftar, Anda harus dapat mematikannya satu per satu atau mengubah pengaturannya di menu mereka sendiri. Berhati-hatilah dengan aplikasi yang Anda pasang dan lupakan tentang hal yang mungkin disinkronkan di latar belakang. Tanyakan kepada diri Anda apakah aplikasi perlu disinkronkan setiap setengah jam, atau apakah sekali sehari sudah cukup.



Tanyakan Kepada Diri Anda Apakah Aplikasi Perlu Disinkronkan Setiap Setengah Jam, Atau Apakah Sekali Sehari Sudah Cukup.

Layanan latar belakang

Pertimbangkan untuk menghapus layanan latar belakang yang tidak perlu. Layanan latar belakang adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang secara terus-menerus. Contoh positif adalah aplikasi SMS, yang berjalan di latar belakang sehingga dapat mendengarkan pesan. Tetapi lebih banyak lagi yang memiliki proses latar belakang juga – 7Zipper harus dapat melakukan unzipping file besar saat Anda melakukan hal lain. Seringkali itu adalah hal yang baik, tetapi aplikasi lain yang mungkin telah Anda lupakan semua dapat mengambil kebebasan di sini.

Buka kembali menu Opsi Pengembang dan cari “Pemeriksaan Latar Belakang.” Di sini, Anda akan melihat aplikasi mana yang memiliki izin untuk berjalan di latar belakang. Hapus yang Anda tidak perlu dan hal-hal yang mungkin mempercepat. Ini juga bagus untuk daya tahan baterai. Facebook adalah tempat yang baik untuk memulai – ini sangat serakah.



Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, Anda dapat mencoba bermain-main dengan opsi “Batas proses latar belakang” di menu Anda. Ini tidak akan mencegah ponsel Anda menggunakan layanan latar belakang tetapi akan mencegahnya dari caching layanan tersebut. Ini benar-benar dapat memperlambat ponsel Anda dan menggunakan lebih banyak baterai karena itu berarti setiap kali layanan diperlukan, ponsel Anda harus memuatnya segar. Saya telah menyertakannya di sini karena beberapa pengguna mengatakan itu membantu perangkat mereka untuk tampil lebih baik (plasebo?). Sekali lagi, tidak ada salahnya mencoba, terutama jika Anda memiliki RAM yang sangat rendah.
Hindari pembunuh tugas

Perangkat Android sebenarnya sangat efisien ketika mengelola memori mereka sendiri – sering ada alasan mengapa aplikasi tetap hidup. Mem-boot aplikasi dari ketiadaan membutuhkan waktu lebih lama dan menggunakan lebih banyak baterai daripada beralih ke yang dijeda. Jika Anda membuka aplikasi yang membutuhkan lebih banyak memori, Android akan secara otomatis mematikan yang paling tidak penting untuk mengosongkan ruang.



Tugas Pembunuh Benar-Benar Dapat Berakhir Memperlambat Perangkat Anda



Untuk alasan ini, menggunakan task killer dapat memperlambat perangkat Anda. Jika Anda melihat mereka pernah membantu Anda di masa lalu, itu mungkin berarti satu atau lebih aplikasi Anda berperilaku buruk. Cara yang lebih baik untuk mengatasi ini adalah mengidentifikasi pelaku dan menghapusnya secara individual.

Hal yang sama berlaku untuk data cache – jadi lakukan ini sesekali, tidak sepanjang waktu!
Overclocking

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan performa game, overclocking mungkin akan terdengar menarik.

Overclocking adalah metode yang dicoba dan benar yang digunakan oleh gamer PC untuk memaksimalkan kinerja perangkat keras dan dapat bekerja dengan baik di smartphone – selama Anda memiliki root dan aplikasi overclocking yang bagus.



Yang satu ini juga membawa risiko. OEM memberlakukan pembatasan kecepatan clock karena suatu alasan. Mereka mencegah overheating, menguras baterai, dan potensi kerusakan pada internal telepon.

Bagi mereka yang tidak ingin melakukan root, bermain di lingkungan yang dingin dapat membantu mencegah throttling termal. Meskipun saya tidak berharap ini akan membuat banyak perbedaan yang nyata untuk sebagian besar kasus penggunaan.



Tentunya, jangan lupa untuk memeriksa menu pengaturan dari game itu sendiri! Menurunkan pengaturan grafis sering dapat membuat permainan laggy dapat dimainkan kembali.
Reset ke mode pabrik

Jika tidak ada yang berfungsi dan Anda merasa ponsel Anda baru saja kehilangan kilapnya, satu opsi drastis adalah hanya dengan melakukan reset pabrik. Ini dapat menghapus sampah apa pun yang mungkin telah Anda kumpulkan dan semoga menjadikan ponsel Anda berkinerja seperti baru lagi.

Sekarang cukup gunakan semua trik yang kami cantumkan di ponsel yang sekarang-jernih dan Anda seharusnya bisa mendapatkan kinerja maksimal dari perangkat keras Anda.

Apakah kami melewatkan satu atau dua trik yang Anda gunakan untuk mempercepat Android? Beri tahu kami di komentar di bawah ini!

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar